No.
1.
2.
3.
|
Konselor
/ konseli
|
Pernyataan
|
Teknik
|
Konselor
|
Selamat
pagi teman-teman semua?
|
Opening
|
|
Semua
konseli
|
Selamat
siang Bu.
|
||
Konselor
|
Bagaimana
kabarnya hari ini?
|
Pembicaraan
topik netral
|
|
Semua
konseli
|
Alhamdulilah
baik Bu.
|
||
Konselor
|
Syukur
kalau begitu, Saya senang mendengarnya.
|
||
Konseli A
|
Iyaa
bu terimakasih.
|
||
Konseli B
|
Kalau
saya kurang baik bu
|
||
Konseli C
|
Kalau
saya capek kurang tidur bu
|
||
Konseli D
|
Terimakasih
Bu
|
||
Konselor
|
Emmm,
iya saya tahu kalau kalian sedang capek.
|
||
Semua
konseli
|
Iya
Bu.
|
||
Konselor
|
Baiklah
saya akan menjelaskan tentang kegiatan kali ini yaitu konseling kelompok,
dimana konseling kelompok ini ada beberapa tahap yang harus kita lalui, tahap
awal pengenalan antar anggota, tahap pengungkapan masalah,tahap pengakhiran.
Nah tujuan dari konseling kelompok itu sendiri untuk membicarakan masalah
yang dialami oleh anggota, jadi semua anggota mempunyai hak untuk
mengungkapkan segala permasalahannya agar bisa dicari solusinya bersama-sama.
Bisa dimengerti?
|
Tahap
awal
Penjelasan
Tujuan
|
|
Semua
konseli
|
Mengerti
Bu
|
||
Konselor
|
Sebelum memulai
konseling kelompok alangkah baiknya kita membuat kesepakatan setuju? Jika
setuju maka kalian berkata yes
|
|
|
Semua
konseli
|
YESS
|
|
|
Konselor
|
a.
Pembicaraan dalam kelompok bersifat rahasia, hanya boleh diketahui oleh
angggota kelompok
b.
Selama proses konseling, diharapkan konseli menyenyapkan (silent)
handphone.
c.
Baik, jadi Selama proses konseling berlangsung, tidak diperkenankan
meninggalkan kelompok.
d.
Dalam proses konseling, diharapkan konseli saling menghargai dan
menghormati satu sama lain, khususnya saat teman yang lain berbicarayang lain
mendengarkan secara aktif dan memberikan tanggapan dengan penuh perhatian.
Dari 1-4 yang tadi saya sampaikan apakah ada yang
tidak sepakat?
|
Group
setting
|
|
Semua
konseli
|
Tidak pak
|
|
|
Konselor
|
Bagus,
selain itu juga ada azas-azas yang harus diperhatikan disini yaitu
diantarannya asaz keterbukaan, kesukarelaan dan kerahasian, dimana setiap
anggota harus secara sukarela dan terbuka dalam mengungkapkan permasalahannya
yang penting harus bisa menjaga kerahasian dari permasalahan teman, apakah
bisa dilakukan?
|
Penjelasan
azas-azas
|
|
Semua
konseli
|
Bisa
sekali
|
||
Konselor
|
Baiklah
kalau begitu kita awali tahap awal yaitu perkenalan antar anggota disini saya
akan melempar bola kecil ini kalian harus menangkapnya dan menceritakan hal
yang menyenangkan dari kemaren malam sampai siang ini, bisa dipahami kan?
|
||
Semua
konseli
|
Iyaa
bu paham
|
Dinamika
kelompok/ ice breaking
|
|
Konselor
|
Konselor
melempar bola ke nofita.
|
||
Konseli
A
|
Saya
merasa senang karena tadi malam saya mendapat kabar dari om saya yang dari
jepang mau pulang.
|
||
Konselor
|
Ucapakan
terimakasih untuk nofita
|
||
Semua
konseli
|
Terimakasih
nofita
|
||
Konselor
|
Silahkan
nofita melempar bolanya ke siapa
|
||
Konseli
B
|
Sampai
sekarang saya merasa senang karena saya masih bisa mengikuti pelajaran
seperti biasa.
|
||
Semua
konseli
|
Terimakasih
chusnul
|
||
Konseli
C
|
Tadi
malam saya merasa senang karena saya bisa tidur lebih awal dari biasanya
|
||
Semua
konseli
|
Terimakasih
sari
|
||
Konseli
D
|
Saya
merasa senang karena saya dibelikan hp baru dari orangtua saya, sebagai
hadiah ulang tahun saya.
|
||
Semua
konseli
|
Terima
kasih yovita
|
||
Konselor
|
Baik
mari tepuk tangan untuk kita semua
|
||
Konselor
|
Okee,
jadi kenapa kalian
saya undang kalian kesini untuk melakukan konseling kelompok? Ada yang tahu?
|
||
|
Konseli
B
|
Karena
kita sering tidak masuk sekolah bu
|
|
|
Konseli
A
|
Tidak
tahu bu
|
|
|
Konseli
C
|
Karena
kita sering terlambat bu
|
|
|
Konselor
|
Iya benar, saya lihat dari
absensi kalian jarang sekolah. Benar
demikian?
|
|
|
Semua
konseli
|
Benar bu
|
|
|
Konselor
|
Baik dari masalah kalian ini, apa
kira-kira harapan kalian semua setelah mengikuti kegiatan ini?
|
Goal
setting
|
|
Konseli
A
|
Harapan saya setelah melakukan
kegiatan ini adalah saya bisa semangat untuk berangkat sekolah lebih pagi bu
|
|
|
Konseli
B
|
Harapan saya setelah saya melakukan
kegiatan ini adalah saya bisa bangun lebih pagi agar tidak terlambat
|
|
|
Konseli
C
|
Harapan saya setelah saya melakukan
kegiatan ini adalah saya bisa tidur lebih awal dari pada biasanya sehingga
saya tidak terlambat setiap hari
|
|
|
Konseli
D
|
Harapan saya setalah saya melakukan
kegiatan ini adalah saya bisa mandi lebih cepat dari biasanya.
|
|
|
Konselor
|
Baiklah terimakasih karena kalian
semua sudah mau berbagi cerita, kalau saya boleh tahu kira-kira kesulitan
kalian untuk tidak terlambat? Ayo dimulai dari Ki A
|
Teknik
scalling
|
|
Konseli
A
|
Kesulitan saya adalah saya lebih
memilih bermain game dulu sebelum berangkat sekolah jadi saya lupa waktu.
|
|
|
Konselor
|
Baik, jika saya skalakan dalam angka
1-10, dimana angka 1 kamu sangat malas sekali untuk berangkat pagi dan angka
10 mempresentasikan semangat untuk berangkat pagi tinggi. Kamu diangka yang
mana?
|
|
|
Konseli
A
|
Angka 4
|
|
|
Konselor
|
Langkah kecil apa yang akan kamu
lakukan untuk meningkatkan levelmu ke angka yang lebih tinggi?
|
|
|
Konseli
|
Saya tidak akan menunda-nunda jam
berangkat sekolaahku.
|
|
|
Konselor
|
Baik, mari kita ucapkan terima kasih
|
|
|
Semua
konseli
|
Terima kasih
|
|
|
Konselor
|
Baik, selanjutnya kesulitan apa yang
dialami konseli B
|
|
|
Konseli
B
|
Kesulitan saya terlambat sekolah
karena saya tidur terlalu larut malam jadi saya sering telat bangun
|
|
|
Konselor
|
Baik, kalau saya boleh tahu apakah
dihari sebelumnya kamu juga kesulitan seperti itu?coba ceritakan
|
Teknik
exception
|
|
Konseli
B
|
Tidak bu, sebelumnya saya bangun pagi
dan berangkat sekolah tepat waktu dan semuanya baik-baik saja.
|
|
|
Konselor
|
Bagus itu di hari sebelumnya kamu bisa
menyelasaikan masalahmu sendiri.
|
|
|
Konseli
B
|
Iya bu
|
|
|
Konselor
|
Baik terima kasih konseli B,
selanjutya konseli C coba ceritakan apa yang menjadi kesulitanmu
|
|
|
Konseli
C
|
Kesulitan saya terlambat sekolah
karena saya susah untuk tidur lebih awal
|
|
|
Konselor
|
Baik, saya punya dua film menarik,
film pertama menceritakan keadaan Ki C yang sering tidur malam,sering
terlambat, dan kita sudah hafal betul alur ceritanya. Sedangkan film yang
kedua menceritakan keadaanmu yang sebaliknya dari film yang pertama, namun
saya belum tahu cerita dari film keduamu itu, coba kamu ceritakan film kedua
itu.
|
Teknik
Miracle Question
|
|
Konseli
C
|
Baik, di film yang kedua ini saya
tidur lebih awal dan tidur pada jam setengah 10,saya berangkat sekolah lebih
awal dari biasanya. Begitu bu ceritanya?
|
|
|
Konselor
|
Baik, mari ucapkan terima kasih
|
|
|
Semua
konseli
|
Terima kasih
|
|
|
Konselor
|
Baik, selanjutnya konseli D, apa yang
menjadi kesulitanmu?
|
|
|
Konseli
D
|
Kesulitan saya sering terlambat karena
saya memilih bermain game dulu ketimbang langsung berangkat sekolah.
|
|
|
Konselor
|
Baiklah, jika saya mengandaikan ada
malaikat yang memberimu semangat untuk langsung berangkat sekolah dan
menyelesaikan game sehingga kamu menang. Apa yang akan berbeda dari dirimu?
|
|
|
Konseli
D
|
Saya tidak akan terlambat lagi,saya
akan menjadi juara di game saya.
|
|
|
Konselor
|
Baik, mari ucapkan terimakasih buat
temen kita.
|
|
|
Semua
konseli
|
Terima kasih
|
|
|
Konselor
|
Baiklah diawal tadi kita semua sudah merumuskan
niat/tujuan kalian agar bisa menjadi lebih baik. Disini saya sudah mencatat
apa yang menjadi niat/langkah-langkah kecil yang akan kalian lakukan.
Kira-kira hambatan apa saja yang bisa kalian temui dalam melaksanakan
langkah-langkah kecil niat-niat kalian?
|
Menyingkirkan
ranjau
|
|
Konseli
A
|
Mungkin hambatan saya jika saya
diajakin teman saya bermain ps sampai larut malam
|
|
|
Konseli
B
|
Tidak bisa tidur lebih awal
|
|
|
Konseli
C
|
Keasikan menonton film
|
|
|
Konselor
|
Baik, saya akan merangkum secara singkat
apa yang telah dibicarakan selama proses konseling berlangsung. Dari awal
kita membuat tujuan/ harapan yang intinya adalah agar kita semua semangat
belajar untuk itu saya menyadarkan kalian semua untuk menemukan solusi.
Kalian sendiri-sendiri dan juga menyadarkan kalian untuk menghindari hambatan
yang menghambat langkah kecil kalian tadi.
|
Rangkuman
|
|
Semua
konseli
|
Baik Bu
|
|
|
Konselor
|
Semangat ya kalian semua, apa yang
sudah menjadi niat kalian semua tidak hanya sebatas niat saja, melainkan
sungguh dapat diterapkan dalam kehidupan kalian. Sebelum kita mengakhiri
konseling kita hari ini sebaiknya kita saling memberikan semangat satu dengan
yang lain
|
Dukungan
|
|
Semua
konseli
|
Semangat
|
|
|
Konselor
|
Terimaksih semunya, selamat siang
|
|
Minggu, 30 April 2017
Contoh Verbatim teknik SFBT (Solution Focus Brief Therapy)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
HANDOUT SOLUTION-FOCUSED BRIEF THERAPY
Dr.M.M.Sri Hastuti, M.Si KETERAMPILAN BERTANYA PERBANDINGAN BENTUK PERTANYAAN PROBLEM –FOCUSED (terpusat pada masal...
-
No. 1. 2. 3. Konselor / konseli Pernyataan Teknik Konselor Selamat...
-
Disusun oleh Dr. M.M. Sri Hastuti, M.Si 1. Automatic thoughts ( pikiran otomatis ): a) Aliran kognisi yang muncul se...
-
PENDAHULUAN Bayangkan Anda sedang menghadapi seorang konseli yang tantrum karena tunangannya meninggal dunia akibat kecelakaan. Mas...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar