Senin, 01 Mei 2017

SKEMA pendekatan Eklektik


1.      Hubungan Awal
Konselor membangun hubungan yang hangat dengan konseli. Contoh:
a.       Konselor menyambut kedatangan konseli.
b.      Konselor mengajak konseli basa-basi.
c.       Konselor menanyakan maksud dan tujuan konseli datang kepada konselor.
d.      Konselor mempersilahkan konseli untuk mengungkapkan masalahnya.
2.      Penjelasan Masalah
Yanto tidak mengetahui progran studi yang dapat menghantarkannya menjadi seorang wartawan yang profesional.
3.      Penggalian Masalah
a.       Data pribadi konseli :
v  Cita-cita konseli sebenarnya ingin menjadi wartawan yang dapat menulis di media cetak atau muncul di layar TV. Sebenarnya bukan hanya wartawan yang terampil dalam komunikasi tertulis tetapi konseli juga berharap dapat menjadi wartawan yang bisa berkomunikasi secara visual dengan memiliki wawasan luas.
v  Kemampuan kognitif, berdasarkan hasil testing intelegensi yang telah diselenggarakan pada kelas X dan XII boleh dikatakan Yanto tergolong siswa yang cukup pandai, meskipun tidak mencolok. Dalam testing minat di keals XII Yanto cenderung memperhatikan soal-soal kemasyarakatan di lingkugan hidup.
v  Bakat khusus, bakat khusus yang dimiliki konseli ada 2. Pertama menulis karangan, sampai dapat dimuat di majalah remaja. Beberapa artikel Yanto juga pernah di muat di majalah yang sama pula. Bakat kedua konseli yakni adalah mudah memahami mata pelajaran bahasa asing antara lain bahasa Inggris dan Jerman. Hal ini di ketahui dari nilai raport konseli yang kerap mendapat nilai 8-9.
v  Sifat-sifat positif dan negatif, Kepribadian Yanto yang mencolok adalah rajin, berani, supel, tanggungjawab, dan suka humor. Hal ini diakuinya sendiri bahkan guru yang mengenal baik dirinya membenarkan hal tersebut.
v  Nilai-nilai hidup yang diperjuangkan konseli menurut dirinya dengan menjadi wartawan dia berharap dapat mengangkat masalah kehidupan orang kecike forum perhatian masyarakat. Yanto sangat mengangumi perjuangan wartawan harian bernas yang meninggal karena orang ini dianggapnya menjadi korban dalam mencari berita dengan menghayati nilai pengabdiannya pada masyarakat golongan bawah.
v  Hobi Konseli : ialah membaca buku novel dan karya sastra yang mengangkat kehidupan kaum kecil.
v  Keterampilan motorik yang dimiliki : saat ini di waktu senggangnya dimanfaatkan untuk belajar komputer agar dapat terlatih dalam menggunakan aplikasi yang dibutuhkan seorang wartawan.
Harapan-harapan untuk masa depan, Konseli berharap dapat diterima di suatu prodi/jurusan yang favorit yang terakreditasi tetapi tidak terlalu memeras saku, syukur jika bisa mendapat beasiswa. Selain itu konseli juga berharap jurusan mana yang bisa mempersiapkan dirinya menjadi seorang wartawan dengan kemampuan seperti yang kiranya dibutuhkan.
v  Perguruan tinggi yang di ingin kan dan di minati. Konseli membutuhkan informasi tiga prodi/jurusan di jenjang S1 yang relevan baginya. 2 prodi/jurusan di bidang non kepndidikan  pada UGM dan 2 prodi/jurusan pada 2 perguruan tinggi swasta yang tersohor di Yogyakarta.
b.      Data keluarga konseli
v  Pekerjaan orang tua konseli ayahnya sebagai dosen di fakultas sastra Universitas Sanata Dharma tetapi juga menjadi dosen tidak tetap di suatu perguruan tinggi lain. Sedangkan Ibunya, menjalankan usaha kios kecil yang menjual kebutuhan sehari-hari. Keluarga konseli termasuk kalangan yang cukup dalam hal perekonomian walaupun tidak dapat dikatakan serba ada.
v  Jumlah saudara. Konseli anak pertama dari tiga bersaudar.
v  Harapan orang tua terhadap konseli yakni minimal bisa lulus S1 dengan hasil yang sungguh-sungguh tergolong bsik. Tetapi untuk pilihan prodi/jurusan terserah kepada minat dari konseli asal dapat menekuni pilihannya. Tanggung jawab terhadap adik menyangkut sedikit financialdi kemudian hari dapat dan bantuan dalam belajar akademik khususnya bahasa Inggris.
c.       Data Lingkungan Hidup
Konseli sudah memiliki gambaran bahwa ia ingin menjadi seorang wartawan, dan ia menginginkan informasi dari konselor mengenai prodi yang mendukungnya menjadi seorang wartawan. Ia menginginkan dua prodi non kependidikan di UGM dan dua PTS tersohor di Yogyakarta. Ini adalah data prodi tersebut :
1). Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Ø  Pertama Jurusan Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial Politik UGM.
Ø  Kedua Jurusan Sastra Indonesia dari Fakultas Ilmu Budaya UGM.
Kedua prodi ini termasuk dalam non kependidikan yang Konselor ambil informasinya dari website resmi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Konseli dapat mengakses di www.ugm.ac.id.
2). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Ø  Jurusan Sastra Inggris dari Fakultas Sastra .
Prodi ini termasuk dalam non kependidikan yang Konselor ambil informasinya dari website resmi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Konseli dapat mengakses di www.usd.ac.id.
3). Universitas Atmajaya Yogyakarta
Ø  Jurusan Ilmu Komunikasi UAJY.
Konseli dapat mengakses langsusng di Website resmi Universitas Atmajaya Yogyakarta di www.uajy.ac.id.

4.      Penyelesaian Masalah
a.       Konselor menjelaskan bahwa kebingungan yang sedang dihadapi konseli hendaknya diselesaikan karena sebentar lagi juga akan menghadapi UAS.
b.      Konselor mengajak konseli untuk membuat list pro dan kontra dari masing-masing jurusan yang sedang dipilihnya.
v  Pro :
UGM-ILMU KOMUNIKASI
UGM-SASTRA INDONESIA
USD SASING
UAJY ILMU KOMUNIKASI
Keinginan utama masuk di PTN
Keinginan utama masuk di PTN
Nilai-nilai di mata pelajaran mendukung bahasa inggris mendukung
Mata kuliah mendukung dia menjadi wartawan
Mata kuliah mendukung dia menjadi wartawan
Mata kuliah mendukung dia menjadi wartawan
Ayahnya juga mengajar di USD
Akreditasi bagus
Akreditasi bagus
Akreditasi bagus
Akreditasi bagus
Ada beasiswa Bidik misi
Ada beasiswa Bidik misi
Ada beasiswa Bidik misi
Ada beasiswa Bidik misi dan Beasiswa Driyarkara
Kemungkinan diterima lebih besar, saingan sedikit

Menyukai tentang buku-buku sastra (berminat)
Menyukai tentang buku-buku sastra (berminat)
PTS Tersohor di Yogyakarta


Kemungkinan diterima lebih besar, saingan sedikit



PTS Tersohor di Yogyakarta


v  Kontra :
UGM-ILMU KOMUNIKASI
UGM-SASTRA INDONESIA
USD SASING
UAJY ILMU KOMUNIKASI
Ayahnya mengajar di USD jadi kemungkinan tidak di ijinkan untuk masuk ke perguruan tinggi lain.
Ayahnya mengajar di USD jadi kemungkinan tidak di ijinkan untuk masuk ke perguruan tinggi lain.
PTS merupakan pilihan kedua Yanto
PTS merupakan pilihan kedua Yanto
Banyak saingan yang ingin mendaftar di UGM (kemungkinan di terima kecil)
Banyak saingan yang ingin mendaftar di UGM (kemungkinan di terima kecil)
Biaya perkuliahan di prodi yang dipilih tergolong mahal
Biaya perkuliahan di prodi yang dipilih tergolong mahal
Biaya perkuliahan di prodi yang dipilih tergolong mahal
Biaya perkuliahan di prodi yang dipilih tergolong mahal
Ayahnya yang mengajar di FS USD kemungkinan membuat teman-temannya mennjadi iri apabila Yanto mendapat nilai bagus.


Tuntutan untuk membeli buku-buku sastra yang mahal sangat banyak



c.       Konselor menjelaskan bahwa dari pro dan kontra tersebut. Konselor juga meminta konseli untuk berdiskusi dengan orang tua tidak hanya dengan keputusannya sendiri.
d.      Konselor memberikan banyak informasi mengenai jalur-jalur, biaya, alur dan langkah-langkah testnya sampai website dan brosur agar konseli memikirkannya matang-matang.
e.       Konselor dapat memberikan usulan apabila konseli merasa sangat kebingungan dengan mana yang sesuai dengan minat dan bakatnya karena dapat di lihat dari test intelegensi.
f.       Konseli sudah terlihat agak memiliki pencerahan dari yang tadinya tidak tau ingin memilih jurusan apa dan sekarang memiliki 3 kandidat prodi yang bisa di pikirkannya.
g.      Konselor merangkum seluruh pembicaraan yang dibahas oleh konseli dari awal sampai ahkir

5.      Penutup
Konselor memberikan dukungan dan bombongan supaya konseli tetap semangat menjalani kegiatannya sehari-hari. Apabila masih menemui kesulitan konselor bersedia membantu konseli. Konseli berterima kasih atas bantuan konselor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HANDOUT SOLUTION-FOCUSED BRIEF THERAPY

Dr.M.M.Sri Hastuti, M.Si KETERAMPILAN BERTANYA PERBANDINGAN BENTUK PERTANYAAN PROBLEM –FOCUSED (terpusat pada masal...